incar JALAN TOL @jsmr … 070113_160816_061219

new-chin-year-dragon-02

animated-rocket-and-space-shuttle-image-0026

Jakarta, CNBC Indonesia – Tol Kunciran-Serpong yang dioperasikan PT Marga Trans Nusantara (MTN) dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat hari ini (6/12/2019) menyusul rampungnya konstruksi ruas yang terintegrasi dengan jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II itu.

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa sebelumnya mengatakan peresmian tol rencananya akan dilakukan oleh Presiden Jokowi. Tol Kunciran-Serpong mempunyai panjang 11,2 km dan dioperasikan MTN, konsorsium yang dibentuk oleh Grup Astra dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

“Tol Kunciran-Serpong targetnya akhir bulan ini [November lalu] atau awal bulan depan [Desember ini]. Konstruksi sudah 100%, tinggal menunggu sertifikat laik fungsi,” kata Djap Tet Fa di Menara Astra, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Foto: Kendaraan melintas proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran-Serpong di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (25/10/2019). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Pada Jumat ini, dalam agenda Presiden disebutkan Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda. Pertama meresmikan pembangunan pabrik baru polyethylene milik emiten petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) atau CAP II.

 

Pada sore harinya, Jokowi dijadwalkan untuk meresmikan jalan tol JORR II ruas Kunciran-Serpong di gerbang tol Parigi, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Turut mendampingi Presiden antara lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Setelah peresmian, ruas tol Kunciran-Serpong itu langsung dioperasikan. Dengan demikian, tol Kunciran-Serpong akan siap digunakan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Lebih lanjut Djap Tet Fa mengatakan, proses pembangunan ruas tol Kunciran-Serpong sudah berlangsung lama. Namun, karena masalah pembebasan lahan, konstruksi dapat diselesaikan pada tahun ini.

“Tendernya sekitar tahun 2006-2007 lalu, karena masalah lahan lama sekali, konstruksi selesai tahun ini,” ucapnya.

Tol JORR II sendiri memiliki panjang keseluruhan 110,4 km serta terdiri atas enam ruas, meliputi, Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Adapun Tol Kunciran-Serpong merupakan satu dari enam jalan tol yang dimiliki oleh Astra Infra. Lima tol lainnya di antaranya Tol Tangerang-Merak sepanjang (72,4 km), Tol Cikopo Palimanan sepanjang (116,8 km), Tol Semarang-Solo sepanjang (72,6 km), Jombang-Mojokerto sepanjang (40,5 km), dan Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang (36,3 km).

Saham MTN dipegang oleh PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra Toll Road) dan Jasa Marga dengan kepemilikan saham masing-masing 40% dan 60%.

Jakarta detik- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 109,57 kilometer (km) yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok rampung seluruhnya pada akhir tahun 2020.

Dari enam ruas, sebanyak tiga ruas akan rampung pada Maret 2020 yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dengan panjang 14,19 km, Kunciran-Serpong dengan panjang 11,19 km, dan Serpong-Cinere dengan panjang 10,14 km. Dengan begitu, pada pertengahan tahun depan masyarakat bisa menggunakan jalan tol dari Cengkareng hingga Cinere.

Tiga ruas lainnya pada akhir tahun 2020 yakni Cinere-Jagorawi dengan panjang 14,64 km, Cimanggis-Cibitung dengan panjang 25,39 km, dan Cibitung-Cilincing dengan panjang 34,02 km. Selesainya JORR II diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.

“Secara bertahap, beberapa ruas Tol JORR II sudah selesai dan siap operasi seperti di ruas Cinere-Jagorawi. Untuk ruas Kunciran-Serpong saat ini progresnya sudah 98,76% pada Oktober 2019 akan diresmikan beroperasi. Sekarang ini sedang dilakukan uji laik fungsi,” kata Basuki dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Dikatakan Basuki, selain untuk memperlancar mobilitas komuter juga angkutan logistik karena terhindar dari kemacetan tol di dalam kota.

“Dengan adanya JORR 1 dan JORR 2 akan ada alternatif untuk memecah trafik dan untuk arus barang juga yang dari Pelabuhan Merak ke Cikampek atau sebaliknya tanpa masuk Kota jadi masuk ke jalan-jalan lingkar ini,” jelasnya.

Progres Tol JORR II hingga bulan September 2019 yakni untuk ruas Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sudah rampung sebesar 53,14% yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng. Ruas Tol Kunciran-Serpong yang dibangun oleh PT Marga Trans Nusantara saat ini progresnya sudah 96,86%. Tol ini menjadi jalur alternatif bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menuju Tangerang-Merak atau Serpong-BSD. Perkiraan lalu lintas harian sekitar 30.000 kendaraan yang akan melewati ruas tol ini.

Selanjutnya ruas Tol Serpong-Cinere, progresnya sudah 64,85% Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya. Ruas Cinere-Jagorawi (Cijago) yang terdiri atas tiga seksi, untuk seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor (3,7 km) sudah beroperasi sejak 2012 lalu. Sedangkan seksi 2 Raya Bogor-Kukusan (5,5 km) saat ini sudah rampung dan menunggu untuk dioperasikan. Seksi 3 Kukusan-Cinere (5,5 km). Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Translingkar Kita Jaya.

Ruas Tol JORR selanjutnya adalah Cimanggis-Cibitung yang dibangun oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways, progresnya sudah 52,38%. Terakhir, Ruas JORR 2 yang paling panjang adalah ruas Cibitung-Cilincing, progres konstruksinya sebesar 59,37% yang pengusahaannya dilakukan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

 

Merdeka.com – PT Jasamarga menggelontorkan Rp 5 triliun untuk membangun jalan tol Manado-Bitung. Proyek tol tersebut saat ini dalam proses pembebasan lahan.

“Kami masih menunggu pembebasan lahan, dan berupaya di akhir tahun sudah mulai jalan,” kata Direktur Jasamarga Manado-Bitung George Manuru seperti dikutip dari Antara di Manado, Selasa (16/8).

George mengatakan, dari total 39 kilometer (Km) tol Manado-Bitung, pemerintah akan mengerjakan dari titik 0-14 kilometer. Sedangkan, titik 14-39 kilometer akan dikerjakan langsung oleh PT Jasamarga.

Dia menjelaskan Presiden Joko Widodo menginginkan jalan tol Manado-Bitung selesai di 2018. “Sehingga, saat ini kami terus melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional serta Kementerian PU agar pembebasan lahan segera diselesaikan,” jelasnya.

Pihaknya berharap akhir tahun ini, pembebasan lahan bisa mencapai 75 persen, sehingga pembangunan tol bisa segera dilakukan. “Saat ini tim kerja sudah ditambah menjadi empat sehingga, bisa mempercepat pembebasan lahan,” katanya.

Sejauh ini, pembangunan jalan tol Manado-Bitung dari 0-7 kilometer sudah 92 persen selesai. “Kami cukup optimistis target selesainya jalan tol Manado-Bitung pada tahun 2018,” pungkasnya.

new-chin-year-dragon-02

JAKARTA kontan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengusulkan sejumlah proyek jalan tol untuk dibiayai dengan dana investasi peserta tax amnesty.

Beberapa proyek yang diusulkan untuk mendapat pendanaan itu ialah jalan tol Samarinda-Balikpapan, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), dan jalan tol Bitung-Manado.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Hediyanto W Husaini mengatakan, bila dana hasil tax amnesty dapat disalurkan untuk proyek infrastruktur, maka instansinya akan meminta dana wajib pajak yang ditaruh di Indonesia digunakan untuk pembangunan jalan tol.

“Harapan kami infrastruktur jalan mendapat dana tax amnesty,” katanya, Selasa (12/7).

Pembangunan jalan tol memang menjadi salah satu proyek infrastruktur yang dipertimbangkan bisa memakai dana yang disimpan di Indonesia dari hasil repatriasi aset.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah memetakan penggunaan aliran dana masuk atau inflow dari kebijakan tax amnesty.

Menurut Sofyan, selain disalurkan ke dalam instrumen fiskal, dana hasil tax amnesty akan digunakan untuk pembiayaan proyek riil infrastruktur. Ada beberapa sektor yang akan masuk dalam daftar proyek yang bisa mendapatkan pendanaan dari kebijakan tax amnesty.

Diantaranya pembangunan bandara, proyek air minum, energi, listrik serta jalan tol. Tanpa merinci, Sofyan bilang skema pendanaan yang dapat digunakan dalam pemanfaatan dana hasil tax amnesty adalah melalui kerjasama pemerintah dengan swasta atau Public-Private Partnership (PPP), termasuk juga proyek swasta murni.

“Hari Jumat baru akan ada rapat kabinet untuk menentukan sekian banyak proyek PPP yang akan ditawarkan,” katanya, Selasa (12/6).

Dana terbatas

Dalam RUU Pengampunan Pajak yang sudah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), disebutkan, wajib pajak yang ingin mendapatkan tarif tebusan lebih murah diwajibkan memasukkan atau melakukan repatriasi aset di luar negeri ke dalam bank persepsi di Indonesia.

Jangka waktu investasi paling singkat adalah selama tiga tahun. Selain masuk ke Surat Berharga Negara (SBN), dana hasil repatriasi akan masuk ke obligasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), investasi infrastruktur PPP, investasi riil prioritas yang ditentukan pemerintah, dan investasi lain.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menghitung penerimaan negara dari program tax amnesty bisa mencapai Rp 165 triliun. Sementara besaran dana yang dideklarasi melalui tax amnesty diperkirakan mencapai Rp 4.000 triliun dan besaran dana yang direpatriasi melalui tax amnesty dan disimpan di bank di Indonesia Rp 1.000 triliun.

Dana-dana itu diharapkan mendukung pembangunan infrastruktur. Sebab, selama ini hambatan paling besar dalam pembangunan infrastruktur, selain pembebasan tanah, adalah pendanaan.

Meski porsi pendanaan infrastruktur sudah besar, namun belum mencukupi. “Anggaran yang disediakan masih terbatas dibandingkan kebutuhan,” ujarnya. Apalagi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) pemerintah memangkas anggaran sejumlah kementerian.

ezgif.com-resize

Jakarta detik-Pinjaman dari China sebesar Rp 3,2 triliun untuk pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) segera cair dalam waktu dekat. Pencairan sempat tertunda lantaran ada kendala teknis yang diakibatkan adanya perubahan desain terowongan dalam rangkaian Jalan Tol sepanjang 60,5 km tersebut.

“Yang masalah di kita (Kementerian PUPR) adalah kendala desain terowongan, sehingga waktu itu ada perubahan nilai investasi. Tapi kan itu sudah selesai waktu lalu. Sekarang tinggal mengurus pencairannya di Kementerian Keuangan,” jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna kepadadetikFinance, Sabtu (11/6/2016).

Terowongan yang dimaksud adalah terowongan sepanjang 427 meter yang menembus bukit di desa Cilengsar. Pembuatan terowongan dipilih dengan biaya yang lebih murah ketimbang metode lain seperti membelah bukit.

Pembuatan terowongan sendiri akan dilakukan oleh Metallurgy Corporation of China (MCC) dengan metode New Austrian Tunneling Method.

Dengan selesainya desain terowongan, maka saat ini prosesnya tinggal penandatanganan perjanjian pinjaman dengan pihak China dalam hal ini China Eximbank.

“Loan agreement-nya (perjanjian pinjamannya) ada di Kementerian Keuangan. Sekitar satu atau dua minggu ini kita harapkan selesai. Setelah itu pencairan nggak perlu waktu lama,” tutur dia.

Tol Cisumdawu terbagi menjadi enam seksi yaitu Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 12,025 km, Seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 km, Seksi III Sumedang-Cimalaka sepanjang 3,75 km, Seksi IV Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km, Seksi V Legok-Ujung Jaya sepanjang16,42 km dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan sepanjang 4,23 km.

Dari total 6 seksi tersebut, Pemerintah punya tanggung jawab melakukan pembangunan di seksi I dan II termasuk pembangunan terowongan di desa Cilengsar yang bakal menjadi terowongan terlebar di RI.

Untuk melakukan pembangunan di Seksi I dan II tersebut, Pemerintah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) yang nilainya setara dengan 10% dari nilai kontrak. Sementara Loan China mencapai 90% dari nilai kontrak.

Seksi III-VI Dilelang Juli 2016

Herry menambahkan, saat ini Pemerintah lewat BPJT Kementerian PUPR sedang menyelesaikan dokumen lelang. Ia memperkirkan, penyelesaian dokumen tersebut bakal rampung akhir bulan ini.

“Kalau sudah selesai, kita bisa langsung umumkan Pra Kualifikasi untuk mencari investor yang akan menggarap seksi III-VI Tol Cisumdawu,” kata Herry.

Ia mengatakan, minat investor terhadap Jalan Tol ini sebenarnya cukup tinggi. Belum lagi lelang dibuka, pernyataan minat sudah banyak datang ke pada dirinya.

“Sudah ada ya, investor-investor konstruksi BUMN sudah menyatakan minat. Ada juga yang dari China,” pungkas dia.

(dna/hns)

Emoticons0051

Jasa Marga Incar Konsesi Delapan Ruas Tol
Delapan ruas tol baru tersebut diprediksi memiliki lalu lintas tinggi.
ddd
Kamis, 3 Januari 2013, 17:05 Iwan Kurniawan, Alfin Tofler

VIVAnews – Perusahaan jalan tol plat merah, PT Jasa Marga Tbk, mengincar konsesi delapan ruas jalan tol yang akan dilelang Kementerian Pekerjaan Umum.

“Ruas-ruas tersebut hingga saat ini masih menunggu proses lelang dan tender pengerjaan oleh pemerintah,” kata Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman di Jakarta, Kamis 3 Januari 2013.

Delapan ruas tol yang diincar itu antara lain Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Medan-Binjai, Pandaan-Malang, Kalibaru-Marunda, Bakauheuni-Lampung, Tengah Surabaya, Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), dan Palembang-Indralaya.

Adit mengakui perseroan mengincar pembangunan proyek tol cukup banyak, namun penentuan pemenang pembangunan tergantung dari proses lelang dan tender yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Adit menegaskan jika tahun ini Jasa Marga menyelesaikan pembangunan lima ruas tol pada 2013, maka paling tidak perseroan harus mendapatkan lima ruas lainnya untuk dibangun pada tahun yang sama.

Ia menjelaskan kedelapan ruas tol tersebut memiliki potensi lalu lintas yang diprediksi besar. “Untuk Palembang-Indralaya, Lampung-Bakauheuni dan Medan-Kualanamu itu lalu lintasnya diprediksi tinggi,” katanya. (umi)

dollar small

Tinggalkan komentar